January 13, 2014

Test Alergi

Siapa di sini yang punya bakat alergi? Ada? "TOS" kita senasib. Alergi saya ini mulai muncul sejak saya pindah ke Bogor, padahal dari lahir sampai saya lulus SMA masih fine-fine saja. Menurut dugaan saya adalah faktor perbedaan cuaca yang ekstrim dan juga faktor lingkungan yang membuat saya alergi seperti ini. Di kampung halaman saya itu panas dan tidak ada polusi. Setibanya di Bogor, tubuh saya kaget dengan perubahan suhu. Apalagi debu di daerah perkotaan itu cukup parah. Daya tahan tubuh orang yang punya bakat alergi memang rendah. Saya mulai mengganti sabun mandi saya dari yang sabun cair menjadi sabun batangan. Puji Tuhan alerginya hilang sendiri setelah saya mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Setelah 1 tahun di Bogor, tubuh saya mulai bertingkah lagi. Ketika saya berlibur ke kampung halaman, saya malah alergi dan makin parah. Saya yang sudah terbiasa dengan suhu adem di Bogor, kaget lagi setelah kembali ke kampung halaman yang panas. Tidak tahu harus bagaimana lagi, akhirnya saya pergi ke 2 dokter sekaligus dan Puji Tuhan membaik. 

Kemudian, saya pindah kerja di Tangerang tahun 2012. Tubuh saya yang memang super sensitif mulai bereaksi lagi. Tangerang itu panas dan karena tidak terbiasa, saya kumat lagi. Kali ini juga cukup parah hingga membuat saya tidak bisa tidur dan sangat mengganggu aktivitas saya sehari-hari. Akhirnya saya searching cari dokter kulit yang bagus. Setelah searching, saya mendapatkan satu nama yaitu Dr. Ko King spesialis kulit. Kebetulan, dokternya juga praktek di Klinik Kimia Farma Bogor.

Setelah pembicaraan singkat, dokter bilang gatal-gatal saya itu karena faktor lingkungan seperti yang sudah saya perkirakan. Biaya dokter di tahun 2012 masih 150 ribu. Dan obatnya 300 ribu. Setelah saya mengkonsumsi obatnya, saya merasakan perubahan yang luar biasa. Keesokan harinya bisa dibilang saya sudah merasa sembuh dan gatal-gatalnya sudah hilang. Dokternya sudah tua dan mungkin umurnya sudah 70 puluh lebih. Tapi beliau masih terlihat sehat bugar.  

Singkat cerita, alergi saya tidak pernah kambuh lagi semenjak itu. Saya hanya rutin membeli cream alerginya dengan resep yang sama dari dokternya. Jadi kalau saya merasa gatal saya olesi creamnya dan setelah itu sembuh. Sebenarnya saya itu tidak pernah merasa benar-benar sehat. Cream anti alergi saya itu seperti makanan yang wajib saya miliki setiap saat. Dan wajib dibawa ke manapun saya pergi.

Baru-baru ini saya pindah kostan karena saya pindah kerja ke BSD City. Tidak perlu kalian tanya, alergi saya kumat lagi dan parah lagi. Dan saya trauma pindah kostan lagi. Singkat cerita saya sudah ke century, kimia farma BSD, dan Rumah Sakit BMC dan hasilnya nihil. Tidak efek apa-apa. Dokternya hanya bisa mendengarkan saya curhat.

Akhirnya, saya kembali searching lagi dokter kulit yang bagus selain dokter Ko. Saya mendapatkan satu nama lagi. Prof. DR. dr. Adhi Juanda, SpKK. Dokternya sudah tua juga dan adalah seorang guru besar di UI.

Tanpa pikir panjang lagi, saya langsung konsul ke dokter itu. Dokternya tidak terlalu sehat mungkin karena sudah tua dan dia menggunakan alat bantu dengar. Jadi kalau mau bicara sama dokternya harus teriak-teriak. Tapi untungnya ada asistennya yang membantu menerjemahkan pembicaraan.

Dokternya nanya, “Kamu stres, ya?”

Setiap kali berobat semua dokter selalu bertanya seperti itu T.T.

“Iya. Saya stres, dok. Saya stres karena alergi saya enggak sembuh-sembuh dari dulu.” 

Dokternya mengangguk-nganguk tanda mengerti. Lalu dia memberi resep obat sebanyak dua macam. Satu botol cream dan kapsul obat selama 5 hari. Hanya 177 ribu. Biaya dokter 200 ribu. Murah. Dan saya diberikan surat pengantar untuk melakukan test alergi seminggu kemudian di anaknya dr. Dani Djuanda, Sp. KK yang tidak jauh dari tempat praktek dr. Adhi.

Perubahan sehari setelah saya minum obatnya juga sudah terasa. Sekarang saya percaya, dokter yang sudah tua dan punya jam terbang lebih banyak pasti lebih menjamin. Tapi, kalaupun disuruh memilih, saya tetap memilih dr. Adhi.
Alergi itu katanya tidak akan sembuh tapi bisa dihindari. Bersyukurlah buat yang punya kulit normal karena kalian tidak akan pernah mengerti stresnya orang yang punya penyakit alergi. Berdasarkan penelitian para ahli yang saya baca di google, dari 1000 orang, hanya ada 2 orang yang terkena penyakit ini. Dan saya termasuk ke dalam 2 orang ini. Enjoy :)
Posted by: caecilia
CS.Com Updated at: January 13, 2014

23 comments

Revi Mey 李孝美 delete January 6, 2015 at 10:17 PM

klo boleh tau kamu alergi apa?? ciri2 alergi kamu kaya gimana? kebetulan aku juga orang yg brmasalh sm kulit.. hehehe

Caecilia delete January 7, 2015 at 8:38 AM

@Revi : Hai Revi. Aku alergi yang berbau kimia gitu. Kayak deterjen, wangi-wangian kayak parfume, body lotion.
Kamu alergi apa? Tapi sekarang Puji Tuhan udah 1 tahun aku udah nggak pernah alergi lagi.
Aku rajin olahraga seminggu 4 kali. Semenjak itu, ga pernah bermasalah lagi kulitku. Coba deh :)

Unknown delete January 7, 2015 at 10:51 AM
This comment has been removed by the author.
Unknown delete January 7, 2015 at 10:51 AM

hai, mau tanya... olahraganya seminggu 4x? apakah harus pagi? atau kapan aja? dan apakah di fitness atau outdoor?
soalnya aku juga punya alergi udara, dan katanya hrs olahraga seminggu 3x selama 30menit
thanks :-)

Caecilia delete January 7, 2015 at 11:06 AM

@Amadea : Hai juga Amadea :)
Aku olahraganya di gym center (indoor). Kalo aku sih malem sehabis pulang kerja. Kalo bisa pagi, mending pagi aja lebih seger. Ga mesti di tempat fitness sih. Kalo ada waktu ya lari aja setiap pagi. Kalo aku pilih tempat gym karena males olahraga sendirian, hehe. Tapi rutin ya olahraganya.

Revi Mey 李孝美 delete January 16, 2015 at 11:57 PM

Sama aku juga gitu. udah ke beberapa dokter dan di bilangnya dermatitis atau gak prugro gtuu. gak bleh kena bahan kimia sm mkan seafood. kulit udah gak gatel sih tapi msih ada bekas menghitam gitu, kamu iya gak?? olahraga ajh solusi kmu??

Caecilia delete January 19, 2015 at 8:31 AM
This comment has been removed by the author.
Caecilia delete January 27, 2015 at 9:34 AM

@Revi : Iya ninggalin flek tipis. Aku ke dokter kulit, disuntik vitamin C, obat minum, dan dikasih cream yang udah aku pake hampir setaon. Sekarang udah hilang fleknya. Puji Tuhan :)

listentorica delete March 18, 2015 at 4:06 PM

Mau tanya donk, kalau masalah kulit muka dokter ini recommend gak? Kulit muka saya sensitif banget. Tp gak tau neh ini muka merah dan jrwt gini krna alergi air atau produk. Pengen cari dokter kulit yg bukan kulit kecantikan

Caecilia delete March 19, 2015 at 8:53 AM

@Listentorica : Kalo untuk wajah sebaiknya di dr. Dani Djuanda, Sp.Kk (anaknya dr. Adhi Djuanda, Sp. Kk).

Ismi Nur Azizah delete April 1, 2015 at 3:27 PM

bisa minta alamat dr.Dhani or dr.Adhi?
tq yaa

Caecilia delete April 1, 2015 at 4:07 PM

@Ismi : Dr. Dani Djuanda,SpKK

Praktek Senin s/d Sabtu :
08.00-09.30 & 17.00-19.00

Jl. Kramat VII / 32, Cikini, Jakarta Pusat 10430
Telepon : (021) 319 24517 (Enggak jauh dari tempat praktek dr. Adhi. Jalan kaki juga sampe)

Prof. dr. Adhi Djuanda, Sp. KK
Jl. Raden Saleh 31, Cikini, Jakarta Pusat (Di seberang RS. Cikini. 10 menit dari stasiun cikini)
Telp: 021-326537

Ismi Nur Azizah delete April 2, 2015 at 9:25 AM

tq ya
kalo dr.ko king tjoen yg praktek d kimia farma buka praktek ga d rumahnya? alamatnya dmn ya?
klo k kimia farma jamnya malam soalnya

lindaokta delete July 4, 2015 at 11:11 AM

Haii sama bgt ngerasa bgt capenyaa kl ke iklim baru. Ke bali org lain sneng2 sya pasti oleh2nya alergi bentol2 hiks hiksss...kl di daerah tangerang/bsd ada rekomen ga dr spesialis kulitnya?

Caecilia delete July 6, 2015 at 11:47 AM

@Ismi : Maaf lama balesnya. Baru ngeh ada testi x_x kirang tau ada praktek di rumahnya ato enggak.

@Linda : Ga pernah ke sokter kulit di BSD :)

indahh delete December 9, 2015 at 11:19 PM

haii saya mau nanya untuk ke dr dani djuanda diperlukan biaya brp ya?mahal tidak? thx before:)

Unknown delete January 26, 2016 at 1:03 AM

Hai mau tanya dong..adhi juanda jg praktek di apotek farma cawang bkn? Soalnya namanya sama, tp gw prnh ke tmp prakteknya yg di cawang, dokternya sdh ga bisa diajak konsultasi krn sdh tua. Pls reply... thx

Unknown delete February 22, 2016 at 11:28 AM

ka mau tanya dong, aku juga punya penyakit alergi klo lagi kambuh alergi nya itu kayak pulau (bentuknya) jdi besar" gitu. aku pernah periksa ke dokter ugd sama dokter umum gitu yg ngerti alergi. Mereka bilang kamu hindaari aja hal hal ketika alergi itu muncul, misalnya pas dri udara panas ke dingin tiba" muncul tu alergi, atau kadang habis makan udang muncul tu penyakit. aku udah minum obat alergi jg gak sembuh. Mnt saran ka biar kayak kakak gitu paling enggak tu alergi gak sering muncul? thx ka..

Caecilia delete March 16, 2016 at 12:20 PM

@Indah : Maaf baru bales ya. Ga mahal kok. Standarlah. Paling abis 500 riuan.

@Maya : Bisa jadi iya. Kurang tau juga pastinya.

@Fransiska : Ke dokter Dani dulu aja. kalo bintik2nya udah sembuh kamu tinggal pantang aja hal yang bikin kamu alergi. Makan-makanan sehat dan jangan lupa olahraga yang teratur. Cepet sembuh ya :)

nurhayatimoonstone delete June 6, 2016 at 3:55 PM

Mau tanya dong...

Sudah 1 tahunan saya punya masalah dengan jerawat di wajah. Hal ini mulai dipicu ketika saya menggunakan kosmetik dari salah satu klinik wajah. Sebelumnya wajah saya tidak berjerawat, tetapi setelah menggunakan produk klinik tersebut 2-3 bulan, muncul jerawat di wajah saya, bahkan sampai meradang.

Kira2 ada saran referensi dokter spesialis kulit untuk masalah jerawat saya?

thanks

Caecilia delete June 14, 2016 at 9:43 AM

@Nur : Bisa baca komen di atas. Untuk wajah bagusnya ke dr. Dani Djuanda, Sp. KK anaknya dr. Adhi. Masih muda jadi bisa diajak konsultasi dengan bebas.

Carol delete October 16, 2016 at 4:55 PM

Jadi untuk kulit wajah jerawat gitu kurang disarankan ya ke dokter ko king tjoen. Knp kalau boleh tau?

Caecilia delete October 17, 2016 at 9:08 AM

@Carol : Bukannya ga disarankan. Karena aku ga pernah perawatan sama dr. Ko untuk wajah jadi ga bisa rekomendasikan dr. Ko. Kalo dr. Dani Djuanda, aku udah buktikan sendiri karena aku udah bertahun2 pake creamnya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...