May 11, 2015

Biaya Perawatan Saluran Akar (Saraf)

Guys, di sini saya mau melanjutkan cerita saya tentang Perawatan Saluran Akar Gigi 47 selama 1,5 bulan. 

Total 5 kali kunjungan. 

Kunjungan pertama  dan kedua bisa kalian baca di postingan sebelumnya. Saya tidak akan mencantumkan linknya. 

Kunjungan ketiga : 

Saraf gigi saya sudah dalam kondisi mati. Waktu di bor dan dicolok-colok oleh dokternya sudah tidak terasa sakit sama sekali. Kata dokternya perkembangannya cukup bagus. Karena banyak yang masih suka ngilu ditahap ini. Nah, di sini gigi saya dibersihkan sampai ke akar-akarnya dan dikasih obat. Biayanya 400k. Diminta balik seminggu lagi.

Kunjungan keempat : 

Mengulang proses yang sama seperti kunjungan ketiga. Bedanya yang ini dikasih tambalan sementara yang bentuknya pasta dan diminta balik 2 minggu lagi. Biayanya 350k.

Kunjungan kelima :

Akhirnya gigi saya ditambal permanen dengan bahan tambalan GIC + R. Komposit. Biayanya 500k.

Total biaya perawatan saluran akar gigi geraham saya (gigi 47) ini menghabiskan biaya sebesar Rp 1.650.000,- untuk 1 gigi selama 5 kali kunjungan dengan total waktu 1,5 bulan.

Selain gigi 47, saya juga tambal permanen gigi 26 yang bisa langsung dikerjakan dalam 1 kali kunjungan karena bolongnya kecil. Biayanya 400k. 

So, biaya yang saya habiskan untuk perawatan gigi di Meridien Dental Clinic sebesar Rp 2.050.000,- Nyesek yah. Ini belum sama yang saya berobat di RSGM UI dan juga RS. PMI. 

Secara keseluruhan, saya puas sih dengan pelayanan di sini. Mbak-mbaknya semuanya ramah, dokternya juga baik. Tempatnya nyaman, bersih. Bisa buat perjanjian dan nanti juga diingatkan oleh mbaknya di hari H. Tidak perlu mengantri lama karena kita masuk sesuai jam yang kita jadwalkan sebelumnya. Kalaupun harus menunggu paling sebentar saja. Yang membuat saya keberatan hanya satu. MAHAL. Tapi harga berbanding lurus dengan pelayanannya. 

Oh iya, biaya ini jangan dijadikan patokan ya. Setiap kilnik, RS, atau bahkan di tempat praktek pribadi yang di rumah juga harganya pasti beda-beda. Semakin bagus kualitasnya akan semakin mahal tentunya. 

Kalau mau murah, saran saya pergi ke RSGM UI yang di Salemba. Tapi harus sabar karena ini yang mengerjakan mahasiswa UI dan hanya hari kerja saja. Terus kalau mau murah dan kualitas masih bisa dipertanggungjawabkan pergi ke RS Pemerintah. Tapi jangan heran kalau petugasnya agak jutek dan mengantrinya lama. Semakin murah semakin ramai yang pergi, right? 
Posted by: caecilia
CS.Com Updated at: May 11, 2015

6 comments

Unknown delete July 2, 2016 at 7:13 PM

aku lebih mahal lagi,ini udah abisin 3.680.000 dan masih ada kunjungan lagi,saya di rs ciputra tangerang

Caecilia delete July 5, 2016 at 9:16 AM

@Ida : wawww. Mahal banget x.x

Anonymous delete September 4, 2016 at 6:24 PM

Aku baru menjalani perawatan saraf gigi sekali kunjung dan biaya 2.900.000. Dan masih ada kunjungan lg,. Hufffhff.. amat teramat mahal..

Caecilia delete July 27, 2018 at 2:55 PM

@anonymous : Pastinya sangat mahal :)

Mava delete March 27, 2019 at 12:31 AM

mahal sekali ya.. saya kebetulan kemarin juga habis PSA tahap pertama, yang dicolok-colok sampe linu banget. dokternya langsung ngerawat 2 gigi sekaligus karena memang bersebelahan. 5 jam tiduran + mangap, mulai jam 11 dan baru selesai jam 4 sore. dan pas mau bayar, dokter bilang katanya sudah harus keluar 800 rb (wajar karna di scaling juga). tapi ternyata dokternya baik sekali, dan akhirnya cuma bayar 220 rb saja. hihi mungkin dia kasian sama tampang kurus kering saya gara-gara jarang makan :D

Warmus delete July 24, 2019 at 1:20 PM

@Fadhil kontrol di mana toh? Aku lagi nyari klinik yg biayanya terjangkau u perawatan saluran akar, di tempatku tambal sementara saja sudah habis 400 ribuan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...