March 2, 2015

Perawatan Gigi di RSGM FKG UI (Part 1)

Beberapa hari yang lalu saya perawatan gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG UI. Tadinya saya mau scalling saja di klinik gigi dekat rumah. Tapi, setelah saya pikir-pikir lagi, saya mau merawat gigi secara keseluruhan.

Setelah browsing sana-sini, saya akhirnya menjatuhkan pilihan di RSGM FKG UI. Saya berangkat dari Bogor pagi-pagi dan tiba di sana sekitar jam 8. RSGM ini bukanya dari Senin -Jumat, Jam 8 sampai jam 1 siang. Sebaiknya datang pagi-pagi agar pelayanannya bisa maksimal. 

Oh iya, kalau mau bertanya ke satpam atau orang-orang di sana, bilangnya FKG ya. Soalnya saya bertanya letak RSGM malah diunjuk RSCM yang letaknya memang berdekatan.

Setelah daftar, saya menunggu giliran diperiksa oleh dokter giginya. Sekitar 30 menit, tibalah giliran saya. Setelah di periksa, saya dioper ke ruang Integrasi 2 untuk tindakan medis. 

Menunggu sekitar 15 menit, saya dipanggil oleh mbak yang menggunakan almamater biru (mahasiswa kedokteran). Mbak ini memeriksa gigi saya lagi dan kali ini lebih lama. Diperiksa dari ujung ke ujung. Sesekali sambil menulis di kertas medis atas masalah yang dia temukan di gigi saya. 

Dari hasil pemeriksaan itu, ada dua gigi saya yang harus ditambal. Tapi harus bertahap dan tidak bisa sekaligus. Saya juga menanyakan perihal tentang salah satu gigi di rahang atas saya yang tumbuh di langit-langit mulut. Kata mbaknya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis Orthodontis dulu apakah giginya bisa dikembalikan ke posisi seharusnya. Itu adalah gigi taring dan kondisi giginya masih bagus. Untuk mengembalikan posisi gigi taring, ada gigi geraham kecil yang harus dicabut karena tidak cukup tempat buat si gigi taring ini. 

Pemeriksaan selesai, dan dilanjutkan dengan scalling lalu tambal sementara untuk dua gigi geraham.

Harga scalling untuk kelas 1 cuma 45 ribu. Fyi, kelas 1 itu paling sedikit karang giginya. Kelas 2 yang lumayan banyak harganya 60 ribu. Sedangkan yang paling banyak karang giginya harganya 75 ribu untuk kelas 3. Dan untuk biaya pemeriksaan secara keseluruhannya cuma bayar 10 ribu saja. Sedangkan untuk biaya tambal sementara ini gratis. Saya hanya mengeluarkan 15 ribu untuk pendaftaran, 45 ribu buat scalling, dan 10 ribu buat pemeriksaan. Totalnya hanya habis 70 ribu.

Di sini, kamu tidak bisa datang ke sana hanya ingin tambal saja, atau cabut aja, atau scalling saja. Semua permasalahan gigi kamu harus diperbaiki dan dituntaskan sampai dalam kondisi sehat karena Rumah Sakit UI itu mementingkan kesehatan Gigi dan Mulut pasiennya.

Setelah selesai, saya pamit sama mbaknya. Kata mbaknya nanti dia akan mengontak saya untuk janjian di minggu berikutnya. Saya sempat bertanya untuk biaya tambal permanen hanya 40 ribu. Harga paling murah sejagat raya, LOL.

Saya juga mengorek tentang biaya pasang behel karena saya ada keinginan untuk menggunakan behel untuk merapikan gigi saya. Untuk biaya pasang behel di dokter mahasiswa yang mengambil spesialis Orthodontis di UI kisaran 6 – 8 juta. Harga segitu sudah yang paling murah juga seharusnya. Kenapa? Karena dokternya ini memberikan pelayanan free. Kita hanya membayar behelnya saja. Dokter gigi spesialis ini rela tidak dibayar karena mereka harus menangani minimal 20 pasien sampai tuntas hingga lulus sebagai dokter gigi ahli orthodontis.

Dan yang jadi pertanyaan saya sekarang adalah banyak beredar pemasangan behel yang murah di bawah 5 juta. Untuk ukuran UI yang dokternya rela tidak dibayar saja harganya minimal 6 juta lho. Kok bisa dokter gigi yang menghabiskan waktu 2-5 tahun untuk mendapatkan gelar Orthodontis mau dibayar dengan harga standar begitu. Biaya dia kuliah saja berapa. Belum lagi peralatannya. Dokter Spesialis Ortho pasti tidak akan menggunakan behel murahan karena itu mempertaruhkan nama baik dia juga.

Saran saya untuk teman-teman yang mau pasang behel, sebaiknya cari tahu dulu tentang dokter ortho kalian. Jangan sampai ada kejadian seperti temen saya yang pasang behel sampai 3x gara-gara giginya kembali berantakan setelah dua tahun lepas behel. Itu karena dia asal-asalan pilih dokter yang penting murah.

Posted by: caecilia
CS.Com Updated at: March 02, 2015

18 comments

Admin86 delete March 3, 2015 at 9:28 AM

akan tumbuh gigi taring?
makanya jangan sering-seirng nonton GGS (ganteng-ganteng seringgila) hahaha..

Caecilia delete March 4, 2015 at 4:39 PM

Udah tumbuh, tapi tumbuhnya ke dalem gusi gara-gara enggak punya space. Yang kanan mah nongol. Yang kiri doang yang kaga, hahahaha.

Maaf ya.. Saya kaga lepel nonton yang begituan, LOL. Film enggak masuk akal versi Tanah Air kita tercinta. Wkwkwk

Msfunfunay delete March 15, 2015 at 12:12 PM

Hallo Caecilia,
bisa minta kontak line gak?
aku mau nanya2 ttg RSGM FKG UI nih, Thanks :)

atau bisa line ke funfunay.

Caecilia delete March 16, 2015 at 10:47 AM

@Cirantika : Hallo juga Cira :)
Boleh. Nanti aku Line kamu ya. *Kalo udah sempet*

Anonymous delete April 14, 2015 at 10:24 AM

Halo, good info:) btw kl pasang behel di rsgm ui sm dokter yg lg ambil sp ortho itu bs cicil or sekaligus? Soalnya lg cari referensi rs untk biaya pasang behel jg. Dan di bbrp rs ada yg bs dicicil

Caecilia delete April 14, 2015 at 10:49 AM

Tergantung kesepakatan dengan dokternya. Kalo denger-denger sih bisa dicicil :)

Unknown delete July 12, 2015 at 4:22 AM

Halo mba caecillia,mau tanya dong kalo mau priksa di situ dr nya kita pilih sendiri apa di tentuin dri sana?oya dirimu jd pasang behel g??
Kalo perawatannya sama mahasiswa tp pasang behel nya sama dr sp nya lgsg bisa g?

Anonymous delete August 2, 2015 at 2:59 PM

kalo misalnya pasang behel kan jangka waktunya lama ya bisa sampe 2 tahun, nah kalo baru 1 tahun ternyata mahasiswanya udah lulus gimana?

Caecilia delete August 3, 2015 at 8:44 AM

@Shinta : Ditentukan dari sananya. Jadi, saya pasangnya di Bogor. Bisa kok. :)

@Anonymous : Nggak mungkin :)) Mereka harus tuntasin kerjaan dulu baru bisa dikasih nilai dan lulus. Jadi, enggak mungkin banget kitanya ditinggalin gitu aja, hahaha.

Unknown delete March 1, 2016 at 4:27 PM

Cakep infonya..saya jga lagi perwaran ortho di fkg ui..udah jalan 14 kali kontrol..biayanya dulu 2015awal itu 5.5jt..untuk yg biasa klo yg damon 10jt..itu baru alatnya belum cetak gigi..sama ronsen

Caecilia delete June 17, 2016 at 9:41 AM

@Chifu : Iya thank you for share :)

Anonymous delete January 18, 2017 at 3:47 PM

halo, kalo untuk konsultasi saja terlebih dahulu bisa ga ya?

Rizkhi NA delete August 26, 2017 at 9:18 PM

Hallo, Sis. Emang segituan ya harganya? Aku mau tanya sis dibanding sama RSGM Unair murahan mana ya? Setahuku di Unair masang alat behelnya aja cuma 3.5 buat yang mahasiswanya. Yang alumni 4 juta. Yang umum 4.5

Ga pakek bayar2 lagi pas kontrol.

Unknown delete September 15, 2017 at 6:37 PM

Mbak, saya rencana mau juga periksa gigi di rsgm ui. Ada kontak nya ga biar bisa nanya" ke pihak rsgm ui nya? Terima kasih

Astaman delete November 21, 2017 at 7:41 PM

Mau tanya bagusan mana antara FKG UI sma FKG Trisakti?

Unknown delete February 10, 2018 at 12:32 AM

Gigi geraham atas saya berlubang gede banget dan gusinya sdh bengkak kira2 solusinya gmn yah ?

Tolong infonya yah

Unknown delete February 10, 2018 at 12:32 AM

Gigi geraham atas saya berlubang gede banget dan gusinya sdh bengkak kira2 solusinya gmn yah ?

Tolong infonya yah

Caecilia delete July 27, 2018 at 3:23 PM

@Rizkhi : kurang tau kalo unair :)

@Ojhie : Silahkan cantumkan email ya kalo mau minta kontak :)

@Astaman : Sepertinya trisakti :)

@Raja : Ke dokter gigi aja di cek dulu nanti dikasih solusi sama dokternya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...