August 19, 2016

Alasan Saya Memilih Grab

Grab adalah sebuah sarana transportasi baru yang bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, saya merasa terbantu sekali dengan kehadiran grab dan teman-temannya seperti gojek dan juga uber. Karena sejak awal saya selalu menggunakan grab, saat ini saya hanya akan me-review tentang grab saja.

Mengapa saya lebih memilih grab daripada gojek dan uber?
Tentu saja karena tarifnya yang lebih murah. Kadang saya iseng membandingkan harga dari jarak rumah ke kantor saya dengan tiga aplikasi tersebut dan hasilnya grab selalu berada ditarif terendah. Selain itu, aplikasi grab lebih nyaman digunakan dibandingkan gojek dan uber. Tampilan grab lebih fresh dan cenderung gampang digunakan.

Selain karena tarif, grab sering memberikan promo kepada saya yang memang pelanggan setia grab. Setiap beberapa kali saya melakukan perjalanan di grab, biasanya saya mendapatkan free perjalanan satu kali sebagai bonusnya. Pada bulan Ulang Tahun saya di Juni kemarin, saya mendapatkan sangat banyak free perjalanan yang dihadiahkan grab kepada saya. Saya tidak menghitung berapa banyak persisnya. Kalau tidak salah hampir mencapai 10 kali free perjalanan selama bulan tersebut. Dan saya juga sering mendapatkan kupon potongan harga dari grab seperti ini :


Baru-baru ini grab memberikan diskon nyata 71% dalam rangka promo 17 Agustus untuk perjalanan bersama GrabCar dan GrabBike dengan fitur pembayaran menggunakan grabpay (kartu kredit / debit yang berlogo Visa atau Mastercard) dengan menggunakan kode promo GRABMERDEKA. Promo ini berlaku dari tanggal 10 - 21 Agustus 2016 dan berlaku maksimal tiga kali perjalanan per satu aplikasi.

 
Pada tanggal 13 Agustus 2016 kemarin saya melakukan order sejauh hampir 7 KM dengan tarif 16 ribu. Saya memasukkan kode GRABMERDEKA dan pembayarannya saya menggunakan Visa dan langsung mendapatkan potongan 71%. Tarif yang saya bayar hanya Rp 4.640. Ini buktinya :

Visa saya hanya di charge kurang dari 5 ribu untuk perjalanan sejauh 7 KM. Oia, saya juga iseng bertanya pada drivernya. Katanya kalau pembayaran melalui Visa, mereka akan ditransfer oleh Grab setiap hari selasa dan jumat ke nomor rekening mereka. Dan setiap ada promo, yang menanggung biaya promo tentu saja adalah perusahaan Grab-nya, driver tetap mendapatkan tarif normal yang seharusnya mereka terima.

Grab menyediakan beberapa fasilitas, seperti : 
  1. GrabCar
  2. GrabBike
  3. GrabExpress
  4. GrabTaxi Promo
  5. GrabFood
  6. GrabTaxi
Fasilitas yang paling sering saya gunakan adalah GrabCar dan GrabBike. Saya belum pernah mencoba menggunakan fasilitas GrabFood. Mungkin next saya akan mencobanya karena GrabFood juga sering menawarkan berbagai macam promo.

Manfaat lain mengapa saya memilih grab :
Hampir sebagian besar driver grab itu ramah dan sopan kepada pelanggannya. Tapi, tentu saja ada sekian persen dari drivernya yang menurut saya tidak beretika. Saya pernah ditelp oleh driver grab dengan nada tidak sabar dan  suara tinggi menanyakan keberadaan saya. Karena saya tidak suka dengan orang kasar, saya membatalkan order. 

Menurut saya, ini salah satu hal yang harus diperhatikan oleh grab agar memberikan bimbingan dan arahan kepada driver tentang bagaimana bersikap. Untungnya, driver yang kurang sopan tersebut jumlahnya memang relatif kecil bila dibandingkan dengan santun. 

Harapan saya untuk grab :
Semoga grab semakin banyak memberikan promo, mempertahankan tarif yang murah, meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Terkadang saya menemukan pengemudi grabbike yang menggunakan motor yang tidak layak pakai. Grab harus tetap memantau driver agar mereka tidak seenaknya dan kadang juga saya banyak menemukan pengemudi grab yang tidak sabar, menggunakan kecepatan tinggi dan menerobos rambu-rambu lalu lintas. Semoga grab bisa memperhatikan hal ini dan ke depannya pelayanannya bisa lebih baik.
Posted by: caecilia
CS.Com Updated at: August 19, 2016

2 comments

Admin86 delete August 22, 2016 at 11:07 PM

Buat gue sendiri sih nih yang pake windows phone beneran ga bisa make aplikasi beginian. padahal kadang gue harus anter barang pake grab express atau go send.
https://www.youtube.com/watch?v=yJu6GXsFMnk

Caecilia delete September 19, 2016 at 8:49 AM

Iya nih sayang WP belum bisa. Semoga aja next WP bisa upgrade dan pengguna WP bisa nikmatin aplikasi grab juga. Amin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...