Mita : Sore, dengan Ibu .... ?
Saya : Sore. Iya, saya sendiri.
Mita : Saya Mita dari BCA mau konfirmasi apakah kartu diskon
ibu sudah diantar?
Saya : *bingung* kartu diskon? Belum.
Mita : Iya, jadi kartu diskon ini adalah pendamping kartu
kredit Visa/Mastercad BCA ibu yang nantinya kartu diskon ini, ibu akan
mendapatkan diskon 20% setiap kali pembelanjaan menggunakan kartu kredit. Dan ini
ibu juga akan mendapatkan voucher menginap di hotel 2 hari untuk periode 1
tahun. Setiap tahun akan diberikan voucher menginap di hotel selama 5 tahun,
tapi pengirimannya secara berkala. Ibu juga digratiskan biaya tahunan selama 5
tahun.
Padahal BCA hanya memberi saya gratis 1 tahun biaya iuran tahunan. Kalau setiap kali saya swipe kartu kredit saya dan langsung mendapatkan diskon 20% rasanya mustahil dan saya rasa BCA tidak sebodoh itu. Bukannya untung malah buntung.
Padahal BCA hanya memberi saya gratis 1 tahun biaya iuran tahunan. Kalau setiap kali saya swipe kartu kredit saya dan langsung mendapatkan diskon 20% rasanya mustahil dan saya rasa BCA tidak sebodoh itu. Bukannya untung malah buntung.
Saya : Programnya dari kapan ya?
Mita : Baru tahun ini dan ibu kebetulan mendapatkan
rekomendasi dari BCA untuk mendapatkan fasilitas eksklusif ini.
Terus dia menanyakan limit yang diberikan oleh BCA berapa? *masa iya dia tidak tahu limit saya? Katanya dari BCA* Dia juga bertanya alamat kantor saya di mana.
Saya simpulkan bahwa Mita ini hanya tahu saya mempunyai kartu kredit BCA dan kerja di PT.
xxx plus nomor telepon hp dan kantor. Singkat cerita, saya tadinya hampir percaya sama si tukang tipu itu. Apalagi dari cara berbicaranya sangat fasih dan apa yang saya tanyakan bisa dijawab dengan lancar.
Nah, tiba-tiba dia menanyakan saya berada di kantor sampai jam berapa. Dia bilang nanti bakal ada yang datang mengantar kartu itu. Dan ujung-ujungnya ternyata saya diminta untuk deposit sebesar 3 juta untuk periode 5 tahun untuk mendapatkan program ini. Kalau pemakaiannya efektif uangnya akan dikembalikan. Dia juga bertanya apakah tagihan saya sudah datang atau belum. Sudah dibayar atau belum. Full payment atau minimum payment. *Katanya dari BCA kok tidak tahu.*
Nah, tiba-tiba dia menanyakan saya berada di kantor sampai jam berapa. Dia bilang nanti bakal ada yang datang mengantar kartu itu. Dan ujung-ujungnya ternyata saya diminta untuk deposit sebesar 3 juta untuk periode 5 tahun untuk mendapatkan program ini. Kalau pemakaiannya efektif uangnya akan dikembalikan. Dia juga bertanya apakah tagihan saya sudah datang atau belum. Sudah dibayar atau belum. Full payment atau minimum payment. *Katanya dari BCA kok tidak tahu.*
Terus pembicaraan selesai dan saya seperti orang tersesat dan kebingungan. Langsung saya browsing dan muncullah artikel yang menulis persis sama
dengan kasus saya. Lalu saya telpon call center BCA dan mereka bilang tidak ada program
kartu diskon. Dan call center BCA bilang, setiap kali ada yang mengaku dari BCA
mengenai penawaran apapun atau program apapun, konfirmasi dulu dengan call
center BCA 24 jam. Oke. Singkat cerita bapak itu juga bilang itu penipuan dan
jangan percaya.
Abis telpon ditutup, saya langsung memikirkan kata-kata apa yang akan saya ucapkan ke si penipu yang datang. Saya berencana mengatakan seperti ini:
“Saya sudah telepon BCA dan mereka bilang tidak ada program
kartu diskon. Dan jika Anda berani datang lagi ke sini mencari saya, saya akan
laporkan Anda ke polisi dengan modus penipuan!”
But, kata-kata yang sudah saya rangkai dengan bagus itu
ternyata tidak jadi terucap. Beberapa menit kemudian, ada telepon masuk di hp saya dengan nomor 021xxx.
Tadinya menelpon ke kantor dan sekarang ke hp.
Saya : Halo *jutek*
Mbak Penipu : Sore, saya Nadine mau konfirmasi tadi sudah
ditelpon sama Mbak Mita ya?
Saya : *YESSS!!!* Mbak, saya tidak tertarik dengan program diskon yang ditawarkan jadi ga usah dikirimkan.
Saya : *YESSS!!!* Mbak, saya tidak tertarik dengan program diskon yang ditawarkan jadi ga usah dikirimkan.
Mbak Penipu : Kenapa Ibu?
Saya : Saya sudah telepon BCA dan mereka bilang tidak ada
program seperti itu.
Mbak Penipu : Kami memang bukan dari BCA, tapi dari PT.
Golden xxx (lupa).
Saya : Okeh, terserah ya mbak. Saya nggak mau. Pokoknya
nggak, nggak, nggak!!!!
Tutttsssss tuttssss.
Pembicaraan selesai dan telepon langsung saya matikan.
Hati-hati ya. Jaman sekarang modus penipuan sangat banyak. Saya juga menyayangkan kalau data saya sampai tersebar ke mana-mana. Saya memang setiap hari ditelepon oleh marketing yang menawarkan asuransi, kartu
kredit, pinjaman, KTA, sampai penipuan juga banyak. Dan mereka itu
sangat annoying sampai memaksa.
Saran saya, kalau ada penawaran yang mencurigakan
sebaiknya telepon saja call center bank yang bersangkutan dan jangan memberikan data apapun ke mereka mengenai kartu kredit kita. Hati-hati ya guys.
23 comments
Tq ya atas sharenya...saya barusan ditelpon modusnya ya sama aja kayak gitu.alhamdulillah untung langsung googling di sini.
@Nenden : Sama-sama. Hati-hati jaman sekarang banyak modus penipuannya. :)
Sama mbak.. Suami aku jg baru kena neh.. Rp. 2.980.000 :( ada saran ga mbak agar dana nya bisa balik?
@Yuni : Walahhhh.. Kurang tau mbak caranya biar balik uangnya. Tapi, pas googling dulu katanya ada yang pernah dibalikin. coba searching lagi aja.
Saya baru kena tipu ni...sy jg sama dpt telpon ky gt.cm skrg sy lg berusaha mnt dibalikin uangny,sy cecer trs orng it.yg sy dpt cm voc+krt member gt,dari gema wisata indonesia,ternyata sy liat di struk it atas talita mountain resort dipuncak,ad yg sama ky sy gak,kl ad bs hub sy,,sy gak ridho 2,6jt dimakan sama penipu ky mrk.
@Andy : Waduhhhh.. Semoga uangnya bisa balik ya Andy :'( Sedih banget banyak yang kena tipu ternyata :(.
kalo dilaporin ke cybercrime ini termasuk penipuan cyber bukan ya?
hati-hati aja deh. bener ga mb?
@PH : Iya bener kudu hati-hati. Kurang tau juga sih. Tapi kayaknya sih bukan cybercrime deh. Soalnya kalo CC kita ga di gesek ke mesin EDC nya penipu itu, ga akan kena tipu kitanya.
Thank you buat share pengalamannya, saya barusan ditelepon dengan modus yang sama. Mencoba bertanya berapa limit kartu kredit saya, setelah saya bilang kenapa nggak cek sama BCA-nya saja. Kan katanya pendamping dari BCA......eh langsung dibanting tuh teleponnya....langsung saya browsing dan ketemu share info ini...Thanks alot.
@Iin : Iya sama-sama mbak.. Syukurlah kalo postingannya bermanfaat.. 😊
Makasih banyak mbak buat infonya. Baru aja saya ngalamin hal yang sama, baruuu siang tadi. Orangnya ngaku dari visa mastercard Bahkan kurirnya sudah mau anter voucher dan segala macamnya. akhirnya saya coba search di internet dan ternyata ini salah satu modus penipuan.
Lalu saya sms si penipu tanya nama perusahaan, website dsb. Trus dy telpon dan jelasin lg panjang lebar. di akhirnya sy langsung sebut "ini penipuan ya" eee..langsung di tutup trus dy sms maki2 saya. hadeeehh.
Saya langsung telpon call center bank yg sy pake krn sy yakin data saya bocor dari mereka :(
Mksh banyak ya mbak..
Mbak saya mau tanya, tadi saya juga baru dpt tlp dan modusnya sama persis kaya yang kalian alami. alhasil saya jadi was-was karna saya terlanjur mengiyakan ketika dia bilang bahwa kartu akan dikirim, tapi ketika sudah baca web ini saya lgsg tlp balik dan bilang tidak. tapi apakah nantinya akan tetap ada tagihan dari kartu kredit kita ? jadi was was. makasih
@Maria : Iya mbak sama-sama :)
@Sandria : Enggak akan ada tagihan kok kalo enggak di swipe di mesin EDC mereka. Tenang aja, mbak :)
Sy br aj di tlp tp mrk dr PT khatulistiwa..modusnya sama persis..untung sy lgsg googling dan baca artikel ini..thanks ya kak buat sharing nya..God bless..
orang nya masih terus beroperasi menipu, barusan nadine telepon, awalnya memang menawarkan bonus dan hadiah langsung, trus ujung ujungnya, tetep aja minta biaya yang dibilang Tax, bla bla...untung logika saya masih oke, mana ada jaman sekarang orang kasih macem macem kl ngga punya tujuan untuk cari untung..apalagi dari orang yang kita ngga kenal dan ngga jelas,...jadi kl ada penawaran by phone...sedot aja pulsa mereka..dan jangan kita setuju atau mengiyakan...harus sampai jelas...dan jangan sungkan marah dan bertanya tegas....
Barusan saya juga ditelp dg modus yg sama.. tp ketika dia bilang kemarin yg diterima kartu HYPERMART GOLD kan bu??. (Yess!! Anda salah... ) valid pro nya sampai kapan ya bu? (What??? Masa' nggak tau?).. oh, saya nggak bawa kartunya saya lagi diluar... oke bu nanti jam berapa ya ibu bisa sy telp lagi?.. sore aja deh..oke bu selamat siang..
udah 2 kali gw di telpon kaya gini dan gua ulur" aja waktu bicara dia dan PHPin..hahaha.
dan yang terakhir yang gua ucapkan adalah "jadi ini bukan dari bank **** kalo bukan dari program bank yang bersangkutan saya gak mau" . lol!
Thanks atas informasinya kakak.
@Livie Cung, Widi, dan yg ga disebutin namanya : Ok. U're welcome :)
Thank u bgt atas infonya ya.. barusan saya di telp.. langsung iya saja krn tertarik juga. asli manis bgt ya bicaranya.. tp pas sdh tutup telp saya langsung serc n ketemu deh blog ini. bermanfaat bgt blog ini.. saya langsung telp ke no yang menghubungi tadi dan langsung katakan saya tidak berminat dan cancel krn suami tidak setuju.
untung saya juga nemu artikel ini, akhirnya saya tolak aja pengirimannya. jadi ga tertipu lebih jauh, dan jadi pengalaman juga. ditelpon emang manis banget jelasin langsung panjang lebar bla bla dan emang nanyain dikantor sampe jam berapa? dan bilangnya nyocokin mastiin lagi alamat kantornya, bilang free inap dan free tiket wisata di sari ater, free iuran 10 tahun (kaget) masa iya? tapi ada ngomong bayar duit deposit per bulan bla bla tapi itu jelasinnya ga detail, untung ngeh jadi kepikiran pas dia tutup tlp, lsg browsing. pas itu dia tlp lg mo konfirm kirim, saya bilang ga jadi, lg byk pengeluaran tapi dia tetep ngerayu bilang bahwa ini justru meringankan pengeluaran yg akan ibu lakukan nantinya. rada maksa juga ini orang tp saya tetap kekeh bilang belum perlu dulu, ditunda aja dulu. trus dia kayak kecewa gitu bilang ya udah saya close ya berarti bu, belum sempat saya selesai tlp, dia matiin telpon dulu, kayaknya kecewa ga jd dapat korban...
dia sempat bilang bahwa alamat kantornya berada sama diwilayah jakarta selatan,mampang. ibu bisa datang kesini juga. dia menawarkan loh bisa datang, dia bilang ada merchant nya juga dikantor mereka.
Dari semingguan yang lalu ada modus kayak gini nih tlf ke saya. Boleh ya share nomornya, Ngakunya CS BCA namanya Safa *duilehaslinyamahpastinamanyandeso 02129050154 dan temennya yang ngaku dari Cakrawala 02129050155 (aneh nggak sih beda perusahaan tapi line tlfya cuma beda 1 angka).Singkat cerita saya deal buat dikirimin kartu DISKON *abal-abal tapi ngerasa aneh kok mesti Deposti 3.000.000 yang dijadiin cicilan. Tapi pas dikonfirmasi ulang sama pihak Cakcorowo itu saya bawa kartu buat di swipe atau nggak, pas banget hari itu nggak bawa dompet. Si mbak-mba cucok itu agak kecewa tapi kemudian sedikit mengancam besok saya disuruh bawa kartu.
Perasaan nggak enak banget, kayak ada yang mengganjal. Saya searching dong di mbah gugel dgn keyword "Kartu diskon BCA" DAAAAN hasilnya itu adalah Penipuan, kemudian ambil langkah buat tlf CS buat nanya-nanya. Saran CS buat diblokir nomor CC yang udah kesebar itu (CMIIW.
Niatnya hari ini saya mau sedikit kasih pelajaran buat si penipu-penipu itu. Ada ide selain mendoakan mereka buat tobat?
@anonymous : Sama2 ;)
Ide nya ? laporin ke polisi cuma susah juga ga tau orgnya, hahaha..